Pemanfaatan Media Tiktok sebagai Sarana Proses Pembelajaran pada Siswa Menengah Pertama Negeri 11 Kendari

Authors

  • La Ode Muh. Umran Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Halu Oleo
  • La Ode Herman Universitas Halu Oleo
  • La Iba Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Halu Oleo
  • Joko Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Halu Oleo
  • Muhammad Rajab Universitas Halu Oleo
  • Mohammad Ricky Ramadhan Rasyid Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.52423/kongga.v1i2.17

Keywords:

Sarana Pembelajaran, Kreativitas Siswa, Tiktok

Abstract

Artikel ini membahas pemanfaatan media TikTok sebagai sarana pembelajaran pada siswa SMP Negeri 11 Kendari. Dengan tema "Siswa Pintar Yuk Manfaatkan TikTok dalam Proses Pembelajaran," kegiatan sosialisasi berlangsung selama 4 jam dan melibatkan siswa kelas VII. Metode kegiatan meliputi tahap persiapan, perizinan, sosialisasi materi, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan perubahan positif pada pengetahuan dan keterampilan siswa dalam mengelola konten dan memahami proses pembelajaran dengan TikTok. Aplikasi TikTok, Keterampilan yang dilatih melibatkan berbicara, literasi, dan kreativitas. TikTok memungkinkan siswa merekam suara, video, menambahkan suara latar, dan melakukan kolaborasi dengan pengguna lain. Kegiatan dilengkapi dengan evaluasi langsung setelah penyampaian materi. Gambaran fitur-fitur TikTok membuktikan bahwa aplikasi ini memenuhi kebutuhan belajar dan menarik minat siswa. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa TikTok dapat dijadikan media pembelajaran yang baik, memenuhi kriteria interaktif dan menarik, Dengan demikian, hasil kegiatan pengabdian ini memberikan gambaran positif terkait potensi dan manfaat TikTok sebagai sarana pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan karakteristik generasi milenial.

References

Nadya Dewi. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTs NU Banat Kudus. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan Volume 13, Nomor 2, Oktober 2021, 264-266

Taubah Miftachul. (2020). APLIKASI TIK TOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM. Mu’allim Jurnal Pendidikan Islam, Vol.2 No. 1 Januari 2020 hal 62-63

Noni Yahana , Wibowo Tony. (2020). ANALISIS FENOMENA SOSIAL MEDIA DAN KAUM MILENIAL: STUDI KASUS TIKTOK. Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology | 565 http://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit . Volume 1 Nomor 1 Edisi Agustus 2020 hal 55-56

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Muh. Umran, L. O., La Ode Herman, La Iba, Joko, Rajab, M., & Rasyid, M. R. R. (2023). Pemanfaatan Media Tiktok sebagai Sarana Proses Pembelajaran pada Siswa Menengah Pertama Negeri 11 Kendari. Kongga : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 61–66. https://doi.org/10.52423/kongga.v1i2.17