Pemanfaatan Media Tiktok sebagai Sarana Proses Pembelajaran pada Siswa Menengah Pertama Negeri 11 Kendari
DOI:
https://doi.org/10.52423/kongga.v1i2.17Keywords:
Sarana Pembelajaran, Kreativitas Siswa, TiktokAbstract
Artikel ini membahas pemanfaatan media TikTok sebagai sarana pembelajaran pada siswa SMP Negeri 11 Kendari. Dengan tema "Siswa Pintar Yuk Manfaatkan TikTok dalam Proses Pembelajaran," kegiatan sosialisasi berlangsung selama 4 jam dan melibatkan siswa kelas VII. Metode kegiatan meliputi tahap persiapan, perizinan, sosialisasi materi, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan perubahan positif pada pengetahuan dan keterampilan siswa dalam mengelola konten dan memahami proses pembelajaran dengan TikTok. Aplikasi TikTok, Keterampilan yang dilatih melibatkan berbicara, literasi, dan kreativitas. TikTok memungkinkan siswa merekam suara, video, menambahkan suara latar, dan melakukan kolaborasi dengan pengguna lain. Kegiatan dilengkapi dengan evaluasi langsung setelah penyampaian materi. Gambaran fitur-fitur TikTok membuktikan bahwa aplikasi ini memenuhi kebutuhan belajar dan menarik minat siswa. Kesimpulan penelitian menegaskan bahwa TikTok dapat dijadikan media pembelajaran yang baik, memenuhi kriteria interaktif dan menarik, Dengan demikian, hasil kegiatan pengabdian ini memberikan gambaran positif terkait potensi dan manfaat TikTok sebagai sarana pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan karakteristik generasi milenial.
References
Nadya Dewi. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Akidah Akhlak Di MTs NU Banat Kudus. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan Volume 13, Nomor 2, Oktober 2021, 264-266
Taubah Miftachul. (2020). APLIKASI TIK TOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MAHARAH KALAM. Mu’allim Jurnal Pendidikan Islam, Vol.2 No. 1 Januari 2020 hal 62-63
Noni Yahana , Wibowo Tony. (2020). ANALISIS FENOMENA SOSIAL MEDIA DAN KAUM MILENIAL: STUDI KASUS TIKTOK. Conference on Business, Social Sciences and Innovation Technology | 565 http://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit . Volume 1 Nomor 1 Edisi Agustus 2020 hal 55-56
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.