Sosialisasi Pemanfaatan Aplikasi Michat sebagai Media Komunikasi Efektif melalui Fitur People Nearby

Authors

  • La Ode Herman Universitas Halu Oleo
  • La Ode Muh. Umran Universitas Halu Oleo
  • La Iba Universitas Halu Oleo
  • Joko Universitas Halu Oleo
  • Muhammad Rajab Universitas Halu Oleo
  • Mohammad Ricky Ramadhan Rasyid Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.52423/kongga.v1i2.20

Keywords:

MiChat, People Nearby , Mahasiswa

Abstract

Berbicara tentang proses komunikasi, perlu kita ketahui bersama bahwa komunikasi yang efektif ialah komunikasi yang melibatkan pertemuan secara tatap muka atau yang biasa disebut dengan komunikasi langsung. Dengan melakukan komunikasi langsung dengan lawan bicara, efek atau umpan balik bisa didapatkan secara real-time atau langsung pada saat itu juga. Permasalahan yang sering dialami adalah ketika mahasiswa yang sedang melakukan tugas perkuliahan yang melibatkan informan di daerah sekitar menjadi terhambat karena tidak ada media yang pas untuk mendapatkan informan. Selain itu, masih banyak orang yang menganggap MiChat sebagai aplikasi yang bermuatan negatif, padahal fitur yang disediakan bisa membawa kita pada hal-hal positif. Solusi yang ditawarkan dari permasalahan tersebut adalah mengedukasi peserta sosialisasi tentang bagaimana cara bijak menggunakan aplikasi MiChat dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia. Tujuan tersebut dilaksanakan dengan metode sosialisasi serta pendampingan kepada para peserta. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan perubahan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam menguasai salah satu bentuk perkembangan teknologi.

References

Amilia, Y. F., Haryadi, H., & Wahyudi, D. (2021). Penyidikan Tindak Pidana Prostitusi secara Online. PAMPAS: Journal of Criminal Law, 2(1), 45-56.

Wisman, Y. (2017). Komunikasi efektif dalam dunia pendidikan. Jurnal Nomosleca, 3(2).

Wa Ode Lusianai, Desy Liliani Husain, Fera Tri Sulistiawaty, Hasriany Amin, Aryuni Salpiana. Kendari. (2021). Laporan Akhir Program Kemitraan Masyarakat Internal UHO : Pelatihan Teknik Penulisan Parafrase dan Pemahaman Sistem Kerja Turnitine sebagai Upaya Menghindari Plagiarisme di FISIP UHO. Kendari.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

La Ode Herman, La Ode Muh. Umran, La Iba, Joko, Muhammad Rajab, & Mohammad Ricky Ramadhan Rasyid. (2023). Sosialisasi Pemanfaatan Aplikasi Michat sebagai Media Komunikasi Efektif melalui Fitur People Nearby. Kongga : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 76–80. https://doi.org/10.52423/kongga.v1i2.20