Implementasi Bantuan Sosial dalam Penanggulangan Dampak Bencana Banjir di Kendari

Authors

  • Sartono Sartono Universitas Halu Oleo
  • Muh Najib Husain Universitas Halu Oleo
  • Laxmi Laxmi Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.52423/kongga.v2i1.27

Keywords:

Solidaritas, Pengabdian, Bantuan Sosial dan Banjir

Abstract

Bentuk solidaritas sosial yang tinggi dari suatu komunitas dalam berpartisipasi membantu para korban bencana alam dapat diwujudkan melalui adanya rasa kemanusiaan dan menjunjung tinggi rasa persatuan secara lokal. Tim Pengabdian Kepada Masyarakat yang terdiri dari pengurus IKA FISIP UHO dan dosen dari FISIP telah menunjukan bentuk solidaritas melalui penyaluran bantuan sembako bagi korban banjir di Kecamatan Kendari Barat Kota Kendari dirangkaikan dengan sosialisasi pencegahan stop buang sampah dan penebangan liar di kawasan hutan. Bentuk kegiatan PKM ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu korban yang terdampak banjir di daerah Kecamatan Kendari Barat Kota Kendari dan mencegah buang sampah sembarang dan penebangan liar. Salah satu bentuk implementasi yang diberikan tim PKM yakni memberikan bantuan berupa penyaluran sejumlah paket sembako. Tujuan kegiatan PKM ini dilaksanakan untuk membantu mengurangi beban hidup bagi korban banjir yang terkena dampak berat tepatnya di Kelurahan Kampung Salo dan Kelurahan Sanua. Dari hasil pelaksanaan kegiatan PKM ini dapat terlihat bahwa bantuan telah diserahkan langsung oleh Ketua IKA FISIP UHO bersama pengurus, dosen dan diterima oleh pemerintah kelurahan dan individu keluarga korban banjir. Kegiatan PKM ini berjalan dengan lancar dan bermanfaat, serta mendapat respon positif dari Kepala Lurah di setiap kelurahan dan masyarakat yang terkena dampak banjir. Terlaksananya kegiatan PKM ini diharapkan sebagai bentuk solidaritas yang dapat mengajak seluruh pemerintah daerah, dan lembaga sosial lainnya di Sulawesi Tenggara untuk ikut berpartisipasi memberikan bantuan sosial kepada para korban bencana banjir dan pencegahan penanggulangan sampah dan penebangan liar.

References

Kant, Immanuel. (1985). Grounding for The Metaphysics of Morals, diterjemahkan oleh Mary Gregor and Jens Timmermann. Cambridge : Cambridge University Press.

Tjahjadi, Lili S P. (1991). Hukum Moral Ajaran Immanuel Kant Tentang Etika dan Imperatif Kategoris. Penerbit Kanisius,Yogyakarta.

Spradley.P. James. (1997). Metode Etnografi. Bandung: Pustaka Setia.

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Peraturan Menteri Sosial Nomor 1 Tahun 2019 tentang Penyaluran Belanja Bantuan Sosial di Lingkungan Kementrian Sosial.

Downloads

Published

2024-06-16

How to Cite

Sartono, S., Husain, M. N., & Laxmi, L. (2024). Implementasi Bantuan Sosial dalam Penanggulangan Dampak Bencana Banjir di Kendari. Kongga : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 18–22. https://doi.org/10.52423/kongga.v2i1.27

Issue

Section

Articles