Bimbingan Teknis Pengenalan Internet Sehat Sebagai Upaya Menuju Masyarakat Berkemajuan

Authors

  • Muhammad Yusuf Universitas Halu Oleo
  • Asriani Asriani Universitas Halu Oleo
  • La Ode Herman Universitas Halu Oleo
  • La Ode Agus Said Universitas Halu Oleo
  • Muh. Rijal Universitas Halu Oleo
  • La Manguntara Universitas Halu Oleo
  • Aminuddin Aminuddin Universitas Halu Oleo
  • Niniek Endang Universitas Halu Oleo
  • La Bilu La Bilu Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.52423/kongga.v2i1.30

Keywords:

Literasi Digital, Internet Sehat, PKK

Abstract

Pelatihan pengenalan internet sehat bagi ibu-ibu PKK Kelurahan Lamokato, Kabupaten Kolaka adalah sebuah inisiatif untuk meningkatkan literasi digital di komunitas tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan dalam empat sesi pelatihan yang mencakup berbagai topik, seperti penggunaan media sosial dengan bijak, menjaga privasi dan keamanan data pribadi, serta mendapatkan informasi kesehatan yang akurat. Pendekatan partisipatif diterapkan dalam pelatihan ini untuk memastikan keterlibatan aktif peserta. Evaluasi menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan digital para peserta, dengan 60% dari mereka menilai pelatihan ini cukup baik. Mayoritas peserta merasa lebih percaya diri dalam menggunakan internet secara positif dan aman. Pelatihan ini juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi komunitas, membantu ibu-ibu PKK menjadi agen perubahan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui penggunaan internet yang sehat dan aman

References

Guttman, N., Lev, E., Segev, E., Ayecheh, S., Ziv, L., Gadamo, F., … & Yavetz, G. (2017). “i never thought i could get health information from the internet!”: unexpected uses of an internet website designed to enable ethiopian immigrants with low/no literacy skills to browse health information. New Media & Society, 20(7), 2272-2295. https://doi.org/10.1177/1461444817712937

Simard, S. and Karsenti, T. (2017). A quantitative and qualitative inquiry into future teachers’ use of information and communications technology to develop students’ information literacy skills | enquête quantitative et qualitative auprès de futurs enseignants portant sur l’utilisation des technologies de l’information et de la communication pour développer les compétences informationnelles des élèves. Canadian Journal of Learning and Technology, 42(5). https://doi.org/10.21432/t2dw5k

Spanakis, P. (2023). Digital health literacy and digital engagement for people with severe mental ill health across the course of the covid-19 pandemic in england. BMC Medical Informatics and Decision Making, 23(1). https://doi.org/10.1186/s12911-023-02299-w

Tiemann, A., Melzer, A., & Steffgen, G. (2021). Nationwide implementation of media literacy training sessions on internet safety. Communications, 46(3), 394-418. https://doi.org/10.1515/commun-2021-0049

Zaim, H., Keedy, H., Dolcé, M., & Chisolm, D. (2021). Improving teen girls' skills for using electronic health information. HLRP Health Literacy Research and Practice, 5(1). https://doi.org/10.3928/24748307-20201126-01

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Yusuf, M., Asriani, A., Herman, L. O., Said, L. O. A., Rijal, M., Manguntara, L., Aminuddin, A., Endang, N., & La Bilu, L. B. (2024). Bimbingan Teknis Pengenalan Internet Sehat Sebagai Upaya Menuju Masyarakat Berkemajuan. Kongga : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 23–27. https://doi.org/10.52423/kongga.v2i1.30

Issue

Section

Articles