Penggunaan Media Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Pemasaran UMKM di Era Digital 4.0
DOI:
https://doi.org/10.52423/kongga.v3i1.47Keywords:
WhatsApp, UMKM, Pemasaran Digital, Literasi Digital, Siswa SMPAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa-siswi SMP Negeri 17 Kendari mengenai pentingnya peran UMKM dalam perekonomian lokal dan potensi WhatsApp sebagai media komunikasi pemasaran di era digital 4.0. Melalui pendekatan edukatif partisipatif, siswa dibekali dengan materi tentang strategi digital marketing, fitur-fitur WhatsApp Business, dan praktik pembuatan konten promosi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa-siswi mengalami peningkatan literasi digital dan minat terhadap kewirausahaan. Permainan reflektif serta sesi diskusi juga mendukung keterlibatan aktif dan pemahaman mendalam peserta. Kendala teknis seperti keterbatasan akses internet menjadi tantangan, namun tidak mengurangi efektivitas kegiatan secara keseluruhan. Sosialisasi ini diharapkan menjadi model edukasi yang berkelanjutan dalam memperkuat peran generasi muda sebagai agen perubahan dalam mendukung UMKM lokal berbasis teknologi digital.
References
Anggelina, B., & Purwanti, A. (2022). Instagram Dan Whatsapp Merupakan Media Komunikasi Yang Digunakan Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Di Era New Normal. SCIENTIA JOURNAL: Jurnal Ilmiah …. Retrieved from https://forum.upbatam.ac.id/index.php/scientia_journal/article/view/5163
Armin, Farid, & Nurfidah. (2023). Pengaruh Media Sosial Facebook Dan Whatsapp Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Karya Baru (Study Kasus Di Desa Tente Kecamatan Woha Kabupaten Bima) Tahun 2022. Business Management, 2(1), 10–22.
Batubara, R. W., Purba, R., Siahaan, R., Suwadi, S., Ketaren, A., & Sitindaon, N. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemasaran UMKM Secara Online bagi Komunitas Perempuan di Desa Dolok Manampang. Jurnal Abdidas, 4(3), 228–237. https://doi.org/10.31004/abdidas.v4i3.796
Diah Delima, I., Salsabil, L. S., & Widyatari, D. (2022). PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PELAKU USAHA MIKRO MAKANAN RINGAN DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasus pada Gipang Lestari di Kecamatan Citangkil Kota Cilegon). EKONOMI BISNIS, 28(01), 1–12. https://doi.org/10.33592/jeb.v28i01.1843
Diandra, D., & W.S, P. (2022). Peran Aplikasi Whatsapp Dalam Pemasaran: State of The Art. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Madani, 4(2), 1–11. https://doi.org/10.51353/jmbm.v4i2.589
Fitri, A., Luthfi, M., & Lubis, M. S. I. (2023). EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL WHATSAPP SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI PEMASARAN PENYELENGGARA TRANSFER DANA BUKAN BANK PADA PT. WORLDWIDE EXPRESS REMITTANCE. Network Media, 6(2), 26–36. https://doi.org/10.46576/jnm.v6i2.3534
Gellysa Urva, Pratiwi, M., & Oemara Syarief, A. (2022). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Penunjang Digital Marketing. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 56–61. https://doi.org/10.52072/abdine.v2i1.301
Hasvia, T. G., Lady, Lady, De Utami, N. A., Aulia, G., & Jones, J. H. (2023). Peran Digital Marketing dalam Pengembangan Kegiatan Promosi UMKM Windish. Jurnal Minfo Polgan, 12(1), 598–610. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i1.12466
Helen, E., & Rusdi, F. (2023). Komunikasi Pemasaran Salmonbyesther Menggunakan Media Sosial sebagai Media Periklanan. Kiwari, 2(3), 444–451. https://doi.org/10.24912/ki.v2i3.25877
Ikerismawati, S., Sholiha, I., & Hardiyanti, S. (2023). Pendampingan Pemanfaatan Google Maps dan Whatsapp Bisnis Sebagai Media Digital Marketing Bagi UMKM di Kelurahan Sebani Kota Pasuruan. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(3), 1294–1302. https://doi.org/10.33379/icom.v3i3.3139
Ira Promasanti Rachmadewi, Auliya Firdaus, Qurtubi, Q., Wahyudhi Sutrisno, & Chancard Basumerda. (2021). Analisis Strategi Digital Marketing pada Toko Online Usaha Kecil Menengah. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(2), 121–128. https://doi.org/10.30656/intech.v7i2.3968
Nasution, D. A., Batoebara, M. U., & Junaidi, J. (2022). PERAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUAL-BELI ONLINE PADA FACEBOOK. Jurnal Bisnis Corporate, 6(2), 102–106. https://doi.org/10.46576/jbc.v6i2.1843
Nurfidah, N., Armin, A., & Farid, F. (2023). Pengaruh Media Sosial Facebook Dan Whatsapp Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Karya Baru (Study Kasus Di Desa Tente Kecamatan Woha Kabupaten Bima) Tahun 2022. Business Management, 2(1). https://doi.org/10.58258/bisnis.v2i1.4137
Padapi, A., Haryono, I., & Rukmelia, R. (2022). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI PRODUK OLAHAN AGRIBISNIS. Jurnal Sains Dan Teknologi Industri Peternakan, 2(2), 30–36. https://doi.org/10.55678/jstip.v2i2.724
Priantoro, B. (2019). STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI MEDIA WHATSAPP (STUDI KASUS GARUDA INDONESIA SOLO). PROSIDING SEMINAR NASIONAL CENDEKIAWAN, 2. https://doi.org/10.25105/semnas.v0i0.5783
Setyawan, D. W. S., Himmah, T. S. F., Kholifah, L., Wijaya, S. M., & Fadilah, M. (2023). Optimasi Digital Marketing: Tinjauan Kritis Atas Strategi Penjualan Pompa Air. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 2(4), 293–300. https://doi.org/10.55826/tmit.v2i4.288
Sugianta, I. K. A., Reganata, G. P., Yuda, I. N. A., & Dillon, R. (2022). PELATIHAN DIGITAL MARKETING MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP BLAST UNTUK PENINGKATAN KAPASITAS USAHA UMKM DI KOTA DENPASAR. Jurnal Abdi Insani, 9(3), 859–867. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i3.666
Urva, G., Pratiwi, M., & Oemara Syarief, A. (2022). Social Media Optimization as a Support for Digital Marketing. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 56–61.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 The Authors

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.