Peningkatan Pemahaman TOEFL Mahasiswa Melalui Workshop TOEFL dan Prediction TOEFL Test
DOI:
https://doi.org/10.52423/kongga.v1i1.5Keywords:
Workshop, TOEFL, Prediction TestAbstract
Tes TOEFL menjadi acuan untuk mengukur kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris. Kemampuan berbahasa Inggris dianggap penting untuk dimiliki oleh seseorang karena Bahasa Inggris merupakan bahasa universal yang digunakan di dunia dan memiliki keistimewaan sebagai bahasa internasional. Prodi Ilmu Pemerintahan Fisip Universitas Halu Oleo, mewajibkan mahasiswa lulus dalam tes TOEFL sebelum mengikuti sidang proposal skripsi. Kelulusan ditandai dengan kepemilikan sertifikat TOEFL dengan skor 410. Namun, permasalan yang ada, sebagaian besar mahasiswa tidak lulus dalam tes TOEFL sehingga mengakibatkan, banyaknya mahasiswa yang tertunda untuk ujian sidang. Beberapa mahasiswa mengakui bahwa, tidak mengenal tes TOEFL sebelumnya dan tidak pernah mengikuti tes TOEFL. Maka, workshop TOEFL dan Prediction TOEFL test dilakukan agar mahasiswa mengenal dan memahami bentuk tes TOEFL dengan mengikuti simulasi serta mengetahu tips dan trik dalam mnegerjakan soal tes TOEFL.
References
Gear, J., & Gear, R. (2002). Cambridge Preparation for the TOEFL® Test Book with CD-ROM (Vol. 1). Cambridge University Press.
Indarti, D. (n.d.). ANALYZING CRITICAL THINKING SKILLS IN READING COMPREHENSION SECTION OF TOEFL BOOK.
Kata Data (2021) https://katadata.co.id/ariayudhistira/infografik/5fdc480669881/bahasa-paling-laku-di-dunia
Sutanta, Heri. (2010). Pengalaman mempersiapkan diri menghadapi tes TOEFL dan IELTS. http://herisutanta.staff.ugm.ac.id/?p=53. 18 Mei 2017
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fera Tri Susilawaty, Faturachman Alputra Sudirman, M. Ishak Syahadat, La Bilu, Laode Harjudin, Gaddis Pertiwi, Muhammad Yusuf
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.